Kumpulan Cara Lengkap untuk Reset Xiaomi

Kumpulan Cara Lengkap untuk Reset Xiaomi
gsmarena.com

Xiaomi merupakan salah satu vendor smartphone dari China yang menghadirkan berbagai macam smartphone dengan spesifikasi yang terbilang cukup tinggi namun dengan harga yang terbilang terjangkau. Tidak hanya di kelas low-end saja, bahkan untuk kelas high-end/flagship, spesifikasi dan harga yang diberikan berada di bawah vendor smartphone lainnya.

Hal inilah yang membuat Xiaomi cukup banyak diminati oleh pengguna smartphone Android di seluruh dunia. Seperti pada smartphone umumnya, awal membeli tentunya smartphone akan memiliki performa yang kencang dan fresh, namun lama kelamaan, seiring pemakaian performa smartphone yang dimiliki mulai melambat, tidak terkecuali produk dari Xiaomi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan agar smartphone Xiaomi kita menjadi memiliki performa yang cukup kencang dan fresh lagi adalah dengan melaukan reset ke pengaturan pabrik. Ini dilakukan agar membuat smartphone yang kita miliki seperti ketika membeli baru.

Cara Reset Xiaomi

Jika kamu sedang mencari bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk reset smartphone Xiaomi, berikut merupakan kumpulan cara lengkap untuk reset Xiaomi yang bisa dilakukan.

1. Cara Reset Melalui Settings

Kumpulan Cara Lengkap untuk Reset Xiaomi
jalantikus.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk me-reset ponsel Xiaomi yang kamu miliki adalah dengan menggunakan atau melalui Settings. Cara ini merupakan salah satu fitur yang tersedia untnuk kamu yang ingin melakukan reset dengan mudah. Sebenarnya cara ini berlaku untuk semua smartphone, namun mungkin untuk beberapa smartphone memiliki perbedaan pada nama dan pilihan menu di Settings untuk melakukan reset.

Namun sebelum kamu melakukan reset pada ponsel Xiaomi kamu, pastikan kamu sudah melakukan backup data-data atau file penting yang ada di ponsel kamu.

  • Pertama, masuk ke menu Settings / Pengaturan / Setelan.
  • Selanjutnya pilih dan tap “Setelan tambahan” atau “Additional Settings”.
  • Jika sudah, pilih dan tap “Cadangkan & Setel Ulang” atau “Backup & Reset”.
  • Pada tampilan ini, pilih dan tap “Reset ke setelan pabrik” yang ada di bagian bawah.
  • Terakhir, pilih “Reset Ponsel” lalu ponsel Xiaomi kamu akan melakukan reset dan tunggu hingga proses selesai. Selamat kamu berhasil me-reset ponsel Xiaomi kamu melalui Settings atau Pengaturan.

2. Cara Reset Melalui Recovery Mode Bawaan

Kumpulan Cara Lengkap untuk Reset Xiaomi
jalantikus.com

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk me-reset ponsel Xiaomi kamu adalah dengan menggunakan Recovery Mode bawaan dari Xiaomi. Cara ini bisa menjadi alternatif kamu jika ingin melakukan reset ponsel Xiaomi yang kamu miliki.

Sama seperti sebelumnya, karena akan melakukan reset, maka ada baiknya kamu melakukan backup file-file penting terlebih dahulu karena nanti semuanya akan hilang terhapus dan ponsel kamu akan menjadi seperti ketika kamu baru pertama kali membelinya. Cara reset menggunakan Recovery Mode Bawaan Xiaomi juga tidaklah sulit.

  • Pertama sebelum masuk ke Recovery Mode Bawaan, matikan terlebih dahulu ponsel Xiaomi yang akan kamu Reset.
  • Jika sudah, tekan tombol “Power + Volume Up” pada ponsel Xiaomi kamu secara bersamaan hingga muncul logo Xiaomi.
  • Selanjutnya kamu akan masuk Recovery Mode dan terdapat 3 pilihan menu yang bisa kamu pilih.
  • Pada tampilan ini pilih Wipe Data > Wipe All > Confirm dan tunggu hingga proses Reset Xiaomi kamu selesai.

3. Cara Reset Melalui Custom Recovery Mode TWRP

Kumpulan Cara Lengkap untuk Reset Xiaomi
mi.com

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk me-reset ponsel Xiaomi kamu adalah dengan menggunakan Custom Recovery Mode TWRP. Cara ini khusus hanya bisa digunakan untuk kamu yang sudah melakukan Unlock Bootloader (UBL) pada ponsel Xiaomi yang kamu gunakan.

Custom Recovery Mode memiliki banyak fitur yang bisa kamu gunakan yang salah satu diantaranya adalah melakukan reset ponsel Xiaomi. Cara yang satu ini pun tidak terlalu sulit jika kamu sudah terbiasa melakukan oprek pada ponsel Xiaomi, entah itu berganti-ganti ROM, melakukan Root atau yang lainnya.

  • Pertama, matikan ponsel dan masuk ke Mode Recovery TWRP dengan cara tekan tombol “Power + Volume Up”.
  • Setelah masuk TWRP, pilih Wipe > Format Data > Ketik Yes > Enter > Reboot System.
  • Terakhir tunggu hingga proses Reboot selesai.

Sebagai catatan, menggunakan Format Data pada TWRP akan menghapus semua data penyimpanan internal kamu seperti foto, video dll. Pastikan melakukan Backup terlebih dahulu. Selain itu cara ini juga dapat digunakan untuk mengatasi Encrypt pada TWRP (TWRP minta memasukkan password).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.