Kumpulan Cara Flash Smartphone Asus Zenfone C

Kumpulan Cara Flash Smartphone Asus Zenfone C

Asus Zenfone C merupakan salah satu lini smartphone dari Asus dengan harga yang cukup terjangkau sehingga orang yang tidak memiliki budget lebih tetap dapat membeli dan menggunakan smartphone. Seperti smartphone lainnya, Asus Zenfone C ini juga dapat dilakukan flash entah itu untuk memperbaiki masalah yang ada ponsel ini, meng-update Android atau menggunakan Custom ROM.

Flash merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pada smartphone seperti bootloop. Umumnya jika smartphone kamu mengalami masalah kamu akan membawanya ke service center untuk diperbaiki. Namun sebenarnya kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah, selama masalah yang ada di ponsel kamu bukanlah masalah yang disebabkan oleh kerusakan dari hardware.

Saat ini terdapat beberapa cara yang bisa kamu untuk melakukan flash pada ponsel Asus Zenfone C yang kamu miliki. Dengan cara-cara melakukan flash ini kamu dapat memperbaiki masalah pada Asus Zenfone C kamu sendiri di rumah tanpa perlu pergi ke service center atau melakukan update ROM Android yang kamu gunakan di ponsel ini.

Cara Flash Asus Zenfone C

Jika kamu mencari cara untuk melakukan flash pada Asus Zenfone C, berikut merupakan kumpulan cara untuk flash Asus Zenfone C yang bisa kamu gunakan.

1. Menggunakan SD Card

Kumpulan Cara Flash Smartphone Asus Zenfone C
berakal.com

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melakukan flash Asus Zenfone C adalah dengan menggunakan SD Card atau kartu memori. Cara ini mungkin bisa dibilang menjadi cara yang tidak terlalu sulit karena kamu hanya perlu menggunakan kartu memori dan tidak memerlukan aplikasi, syarat tambahan ataupun perangkat pendukung lain seperti PC/laptop untuk menggunakannya.

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana melakukan flash Asus Zenfone C, cara menggunakan SD Card ini bisa dijadikan opsi utama, terlebih jika kamu masih bingung kalau menggunakan cara lainnya yang memerlukan perangkat tambahan seperti PC/laptop dan aplikasi/program lain untuk membantu proses flashing pada Asus Zenfone C.

Selain SD Card yang kamu perlukan untuk menggunakan cara ini hanyalah file firmware dari Asus Zenfone C yang akan di flash.

  • Pertama, siapkan SD Card atau kartu memori terlebih dahulu, pastikan kamu sudah melakukan format pada kartu memori yang akan digunakan untuk flash Asus Zenfone 3 (Format ke Fat32 Default).
  • Kedua, download firmware Asus Zenfone C terbaru yang di perlukan untuk melakukan flash.
  • Selanjutnya, jika firmware sudah di download, copy/salin dan pindahkan file firmware Asus Zenfone C dengan format .zip tersebut ke SD Card kamu (diluar folder).
  • Kemudian masukkan SD Card ke dalam ponsel Asus Zenfone C yang akan di flash (jika kamu mendownload firmware menggunakan PC/laptop atau perangkat lainnya).
  • Jika sudah, masuk ke mode recovery dengan cara menekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan.
  • Pada tampilan mode recovery, arahkan dan pilih yang paling bawah “apply update from sd card”.
  • Jika sudah, maka ponsel kamu akan melakukan proses flashing dan proses flash pada Asus Zenfone C umumnya memakan waktu kira-kira sekitar 5-8 menit.
  • Selanjutnya, setelah ponsel selesai melakukan flash, maka layar Asus Zenfone C kamu akan kembali lagi ke mode recovery seperti sebelumnya, namun pada tampilan yang sekarang, arahkan dan pilih “reboot system”.
  • Terakhir tunggu hingga proses reboot/restart selesai. Pada proses ini reboot akan cukup lama, harap bersabar dan jangan melakukan hard reset.

2. Menggunakan Flash Tool

Kumpulan Cara Flash Smartphone Asus Zenfone C
berakal.com

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk flash Asus Zenfone C adalah dengan menggunakan Flash Tool. Cara ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif jika cara yang sebelumnya kamu gunakan tidak berhasil. Namun, tidak seperti cara menggunakan SD Card, cara flash menggunakan Flash Tool memerlukan perangkat tambahan seperti PC/laptop.

Selain itu, meskipun cara menggunakan flash tool perlu menggunakan PC/laptop namun sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Namun jika kamu ragu-ragu menggunkan cara ini dan sudah berhasil menggunakan SD Card maka kamu tidak perlu menggunakannya.

Karena menggunakan perangkat tambahan PC/laptop maka ada beberapa hal yang perlu di persiapkan sebelum memulai melakukan proses flash.

Jika sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti di atas, maka selanjutnya sudah bisa memulai untuk proses flash Asus Zenfone C.

  • Pertama Install aplikasi/program Asus Android USB Driver dan Asus Flashtool Zenfone C di PC/laptop yang akan digunakan untuk perangkat bantuan flash.
  • Selanjutnya, matikan ponsel Asus Zenfone C dan masuk ke Droidboot dengan cara menekan tombol “Power + Volume Up” secara berasamaan hingga masuk ke Droidboot Mode.
  • Jalankan program/aplikasi Asus Flashtool yang sudah diinstall sebelumnya sebagai administrator dengan cara “Klik kanan > Run as Administrator”.
  • Kemudian, sambungkan ponsel Asus Zenfone C yang sudah masuk ke Droidboot Mode ke PC/laptop yang kamu gunakan untuk flash dengan menggunakan kabel USB original bawaan Asus. Pastikan sudah muncul ikon USB, hal ini menandakan bahwa perangkan sudah terdeteksi oleh PC/laptop kamu.
  • Pada tampilan aplikasi Asus Flash Tool, ganti dan pilih opsi model menjadi “ZC451CG”, pada opsi Wipe data pilih “Yes”, lalu klik browse untuk mencari, memilih dan memasukkan file firmware Asus Zenfone C yang sudah kamu download sebelumnya.
  • Jika sudah, pilih dan klik pada ikon USB, lalu pilih dan klik tombol “Start” untuk memulai proses flash pada Asus Zenfone C dan tunggu hingga proses flash selesai dilakukan.
  • Selanjutnya, ketika proses flash sudah selesai, jika warna pada info State sudah berwarna hijau dan info pada DescriptionFlash image successfully”, maka berarti proses flash berhasil dan selesai dilakukan.
  • Tutup aplikasi/program Asus Flash Tool, lepas kabel USB dari PC/laptop kamu.
  • Setelah itu pada tampilan Droidboot arahkan dan pilih reboot untuk me-restart ponsel Asus Zenfone C.
  • Terakhir, tunggu hingga proses booting selesai. Umumnya setelah melakukan flashing, proses booting akan memakan waktu yang cukup lama.

Itulah dua cara untuk flash Asus Zenfone C yang bisa kamu lakukan, jika kamu tidak berhasil menggunakan cara yang pertama, kamu bisa menggunakan cara yang kedua. Cara menggunakan flashtool bisa kamu gunakan jika kamu sudah benar-benar yakin dan tidak ragu-ragu untuk melakukannya.

Selain itu, dengan menggunakan cara flashtool, kamu juga akan melakukan wipe data, sehingga ketika proses flash selesai, ponsel Asus Zenfone C kamu akan benar-benar Fresh.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.