Cara mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Cara mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

WiFi merupakan salah satu jenis koneksi internet yang biasa digunakan oleh banyak orang sekarang ini. Tidak hanya untuk keperluan menjelajah internet sehari-hari atau mengerjakan tugas, bahkan juga digunakan di kantor-kantor untuk urusan pekerjaan. Pernahkan kamu mengalami ganggunan WiFi seperti misalnya laptop kamu tidak bisa terhubung dan terkoneksi jaringan WiFi.

Jika kamu mengalami hal ini, tentunya akan merasa cukup terganggu dan sedikit kesal. Misalnya saja ketika kamu sedang mengerjakan tugas di laptop kamu dan membutuhkan koneksi internet melalui WiFi namun ternyata laptop kamu tidak bisa terhubung dan terkoneksi dengan jaringan WiFi. Atau ketika kamu sedang dikejar deadline pekerjaan dan pekerjaan kamu mengharuskan untuk menggunakan WiFi di laptop yang kamu gunakan namun laptop tidak bisa terkoneksi dengan WiFi.

Kalau kamu mengalami masalah-masalah tersebut, kamu tidak perlu untuk panik terlebih dahulu, sebab ada cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi laptop kamu yang tidak bisa terhubung dan terkoneksi dengan jaringan WiFi.

Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Jika kamu penasaran bagaimanca cara mengatasi laptop yang tidak bisa terkoneksi dengan WiFi, berikut merupakan cara mengatasi laptop tidak bisa connect WiFi yang bisa kamu lakukan.

1. Mengecek dan Memastikan Status WiFi Sudah ON

Cara mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi
nesabamedia.com

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang tidak bisa connect WiFi adalah dengan mengecek status WiFi pada laptop kamu. Cara ini bisa digunakan untuk kamu yang sudah biasa ketika membuka atau menyalakan laptop, laptop kamu secara otomatis terhubung ke jaringan WiFi.

Namun jika pada kondisi tertentu (seperti tidak sengaja menekan shortcut pada keyboard yang bisa menonaktifkan WiFi pada laptop) laptop kamu tidak secara otomatis tersambung dengan WiFi, maka kamu bisa mengecek dan memastikan terlebih dahulu apakah status WiFi pada laptop kamu sudah “on” atau statusnya berubah menjadi “turned off”.

  • Pertama lihat pada ikon WiFi yang terdapat di taskbar (pojok kanan bawah), jika terdapat tanda silang pada ikon WiFi di laptop kamu, klik ikon WiFi tersebut lalu akan terlihat status WiFi kamu.
  • Selanjutnya, tampilan ini akan menunjukan apakah status WiFi kamu aktif atau tidak, jika statusnya adalah “turned off”, maka kamu perlu membuatnya menjadi “on”.
  • Klik kanan pada ikon WiFi yang ada di taskbar lalu pilih “Open Network and Internet Settings”.
  • Pada halaman ini, lihat pada tampilan bagian kiri lalu pilih WiFi.
  • Ubah status WiFi menjadi on, lalu dibawahnya pada opsi “Turn WiFi back on”, pastikan statusnya “Manually”.
  • Selanjutnya sebelum mulai menghubungkan, periksa dan pastikan laptop kamu sedang tidak dalam kondisi Airplane mode (mode pesawat) dengan cara pilih Airplane Mode pada bagian kiri halaman, jika status airplane mode on, ubah menjadi off.
  • Terakhir, coba untuk hubungkan kembali laptop kamu ke jaringan WiFi yang ada di sekitar area kamu.

2. Mengaktifkan Adapter WiFi pada Laptop

Cara mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi
jalantikus.com

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi laptop kamu yang tidak bisa connect ke jaringan WiFi adalah dengan mengaktifkan adapter WiFi yang ada di laptop kamu, hal ini dikarenakan untuk beberapa kasus adapter WiFi pada laptop akan menjadi disable. Oleh karena itu kita bisa mencoba untuk mengaktifkan adapter WiFi pada laptop. Cara yang satu ini juga terbilang cukup mudah dan tidaklah sulit untuk dilakukan

  • Pertama, pergi ke halaman Control Panel, kemudian pilih Network and Internet, lalu pilih Network Sharing Center dan pilih Change Adapter Setting (singkatnya Control Panel > Network Sharing Center > Change Adapter).
  • Selanjutnya pada halaman ini, lihat pada tulisan WiFi, jika statusnya disable maka yang kamu lakukan adalah dengan pilih dan klik kanan lalu pilih enable.
  • Terakhir, coba hubungkan kembali dengan jaringan WiFi yang ada di area sekitar kamu menggunakan laptop.

3. Melakukan Install atau Update pada Driver WiFi Laptop

Cara mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi
nesabamedia.com

Cara lainnya yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan men-install atau melakukan update pada driver WiFi yang ada di laptop kamu. Hal ini dikarenakan pada kasus atau masalah tertentu, kamu tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi dikarenakan driver WiFi kamu sudah terlalu lama dan perlu dilakukan pembaruan dengan melakukan update.

Cara ini juga tidak sulit untuk dilakukan untuk mengatasi masalah pada laptop kamu yang tidak bisa terhubung atau connect dengan jaringan WiFi.

  • Pertama, kamu perlu masuk ke halaman device manager untuk mengecek dan melakukan update pada driver WiFi di laptop kamu.
  • Masuk ke halaman device manager dengan cara buka file explorer, lalu di bagian kiri, klik kanan pada “This PC”, lalu pilih dan klik “Properties”, kemudian pilih  “Device Manager”. (File Manager > Klik Kanan This PC > Properties > File Manager).
  • Jika sudah memasuki halaman Device Manager, cari dan pilih Network Adapters lalu klik, kemudian klik kanan pada nama perangkat wifi atau misalnya “Broadcom 802.11n …” dan pilih update.
  • Jika sudah selesai, klik kanan lagi pada tulisan “Broadcom 802.11n …”, lalu pilih dan klik “Scan for Hardware Settings”.
  • Terakhir, coba cek dan hubungkan laptop kamu pada jaringan WiFi yang ada di sekitar area kamu.

4. Mengubah IP Address dan DNS Server Menjadi Otomatis

Cara mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi
jalantikus.com

Cara lainnya yang bisa kamu coba untuk mengatasi laptop kamu yang tidak bisa terhubung atau connect ke WiFi adalah dengan mengubah IP Address dan DNS Server yang ada di laptop kamu menjadi otomatis. Cara ini bisa kamu jadikan salah satu opsi yang bisa kamu coba jika kamu sudah mencoba cara yang lainnya namun tetap tidak berhasil mengatasi laptop kamu yang tidak bisa connect WiFi.

Pada beberapa laptop, IP Address dan juga DNS diatur secara manual, namun kamu juga bisa mengaturnya menjadi otomatis. Selain itu, cara mengubah IP Address dan DNS menjadi otomatis juga tidaklah terlalu sulit, dan kamupun pasti bisa melakukannya.

  • Pertama, klik kanan pada ikon WiFi yang ada di taskbar lalu pilih dan klik “Open Network & Internet Settings”.
  • Selanjutnya pada halaman ini, pilih “Status” yang ada di bagian kiri tampilan settings, lalu pilih dan klik “Change adapter options” lalu kamu akan ditampilkan halaman Network Connection.
  • Pada halaman ini, pilih dan klik kanan pada “Wi-Fi” lalu pilih Properties dan akan muncul halaman “Wi-Fi Properties”.
  • Lalu di halaman atau jendela ini, pilih dan klik tab “Networking”, kemudian klik dua kali pada “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)”.
  • Selanjutnya beralih ke tab “General” kemudian pilih “Obtain an IP address automatically” dan di bawahnya “Obtain DNS server address automatically”, lalu klik OK.
  • Terakhir, jika sudah, coba hubungkan kembali laptop kamu dengan jaringan WiFi yang ada di sekitar area kamu.

Cara lainnya yang juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah laptop kamu yang tidak bisa connect ke WiFi adalah dengan melakukan restart pada laptop kamu. Atau jika kamu sedang di rumah dan menggunakan koneksi WiFi rumah, periksa router kamu dan lakukan reset. Jika masalahnya ada di WiFi kamu, kamu bisa menghubungi Customer Service dari WiFi yang kamu gunakan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.