Kumpulan Cara Update Windows 10 yang Bisa Kamu Gunakan

Kumpulan Cara Update Windows 10 yang Bisa Kamu Gunakan
digitaltrends.com

Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna PC di seluruh dunia. Dari awal perilisannya hingga sekarang, sudah banyak update yang tersedia di Windows 10. Update tersebut baik untuk memperbarui fitur, tampilan atau meningkatkan sistem keamanan pada PC dari Windows 10 sendiri.

Jika kamu ingin menggunakan semua fitur-fitur terbaru dari Windows 10, tentunya kamu harus melakukan update pada versi Windows 10 yang sedang kamu gunakan. Tidak hanya fitur baru tampilan antarmuka pengguna juga banyak mendapatkan pembaruan, seperti kustomisasi dark mode atau light mode serta efek lainnya.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan update Windows 10 kamu dan membuatnya menjadi versi yang paling baru. Dengan versi baru, keamanan sistem Windows 10 kamu juga akan menjadi yang paling baru dan membuat PC kamu lebih aman lagi dari sebelumnya.

Cara Update Windows 10

Jika kamu sedang mencari cara untuk dapat update sistem operasi Windows 10 yang kamu miliki, berikut merupakan kumpulan cara untuk update Windows 10 yang bisa kamu gunakan.

1. Menggunakan Windows Update

Kumpulan Cara Update Windows 10 yang Bisa Kamu Gunakan
berakal.com

Menggunakan Windows Update untuk melakukan update pada sistem operasi Windows 10 merupakan cara paling dasar yang bisa kamu lakukan di mana cara ini juga sangat mudah bahkan untuk orang yang baru pertama kali ingin melakukannya.

Umumnya pada Windows 10 terdapat fitur auto update, namun tidak jarang juga ada kasus di mana PC atau laptop tidak mendapatkan notifikasi update, sedangkan untuk pengguna lainnya sudah bisa melakukan update. Jika kamu mengalami kasus seperti ini kamu bisa menggunakan fitur Windows Update untuk mengecek update yang tersedia dan menginstallnya.

  • Pertama, buka menu Settings pada Windows 10 di PC atau laptop kamu.
  • Kedua, pilih dan klik Update & Security.
  • Ketiga, jika sudah klik Check for Updates untuk mengecek apakah ada update atau pembaruan dari Windows 10 yang kamu gunakan.
  • Keempat, jika terdapat update, kamu bisa langsung klik download.
  • Terakhir, tunggu hingga proses download dan install selesai dilakukan, lalu restart PC atau laptop kamu. Selamat kamu sudah berhasil melakukan update pada Windows 10 menggunakan Windows Update.

2. Menggunakan Cara Manual Update

Kumpulan Cara Update Windows 10 yang Bisa Kamu Gunakan
winpoin.com

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan jika cara sebelumnya masih tidak berhasil ada dengan melakukan update secara manual. Normalnya, ketika sudah mendapatkan update, kamu bisa mengunjungi Windows Update seperti pada cara seelumnya dan melakukan update secara otomatis dan kamu cukup hanya dengan memiliki koneksi internet yang stabil, serta waktu untuk menunggu proses instalasi update sampai selesai.

Namun jika sewaktu-waktu kamu memiliki masalah atau kendala dengan Windows Update, kamu bisa menggunakan cara alternatif lainnya untuk melakukan update pada Windows 10 yang kamu gunakan di PC atau laptop kamu. Salah satunya adalah dengan melakukan update secara manual. Cara ini sendiri sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan.

  • Pertama, kunjungi situs web Windows Update Katalog pada browser di PC atau laptop kamu.
  • Kedua, jika sudah pada kolom Search, masukkan id paket update (Cumulative Update) Windows 10 yang kamu butuhkan untuk melakukan update secara manual, misalnya memasukkan id KB4515384.
  • Ketiga, jika hasil pencarian pada fitur search sudah keluar, pilih salah satu update dan sesuaikan dengan spesifikasi sistem operasi yang kamu gunakan, baik itu x86 / x64 atau ARM / Windows Server.
  • Keempat, jika sudah memilih dan memastikan update yang ingin di download sesuai dengan spesifikasi dari sistem operasi Windows 10 yang kamu gunakan, pilih dan klik tombol download yang berada di samping kanan informasi versi update.
  • Kelima, jika sudah di klik, kamu akan di bawa ke halaman download paket update kumulatif yang akan digunakan nanti. Lalu klik untuk memulai proses download. Cepat atau lamanya proses download tergantung dengan ukuran file update yang di download dan juga kecepatan internet yang digunakan.
  • Keenam, jika proses download sudah selesai dilakukan, maka kamu bisa memulai update dengan cara buka folder tempat di mana kamu men-download file update tadi, lalu kamu tinggal melakukan klik dua kali untuk menginstallnya.
  • Terakhir, tunggu hingga proses instalasi selesai dan sistem pada Windows 10 kamu akan secara otomatis meminta restart untuk melakukan proses penyelesaian instalasi.

3. Menggunakan Fitur atau Melalui Update Assistant

Kumpulan Cara Update Windows 10 yang Bisa Kamu Gunakan
berakal.com

Cara ketiga yang bisa kamu gunakan untuk melakukan update pada Windows 10 yang kamu gunakan di PC atau laptop kamu adalah dengan menggunakan atau melalui Update Assistant. Cara ini juga merupakan cara yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan jika kamu mengalami masalah atau kendala pada Windows Update namun ingin melakukan update sesegera mungkin di PC atau laptop yang kamu gunakan.

Namun sebelum memulai ke bagaimana cara melakukan update Windows 10 melalui Update Assistant, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan terlebih dahulu.

  • Pertama adalah pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil atau memiliki kuota data yang memadai dan akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan koneksi WiFi, hal ini dilakukan karena besaran ukuran dari file update Windows 10 terbilang cukup besar, yaitu berkisar antatra 2 – 4 GB)
  • Kedua, download dan install terlebih dahulu aplikasi/software Windows 10 Update Assistant.
  • Ketiga buat cadangan data untuk data-data atau dokumen penting yang ada di PC atau laptop kamu (opsional).
  • Keempa, selain cadangan untuk data, kamu juga bisa membuat Recovery Drive (opsional).

Selanjutnya jika kamu sudah mempersiapkan beberapa hal seperti yang sudah di bahas sebelumnya, maka akan langsung saja masuk ke cara bagaimana melakukan update Windows 10 melalui Update Assistant.

  • Pertama, jika aplikasi/software Update Assistant sudah berhasil di install langkah pertama yang kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi tersebut dan juga klik pada tombol Update Now.
  • Kedua, setelah kamu klik Update Now, Windows akan mengecek kompabilitas hardware yang digunakan, lalu jika semuanya sudah OK, pilih dan klik Next.
  • Ketiga, tunggu hingga proses download dan instalasi update Windows 10 selesai.
  • Keempat, jika proses download dan instalasi sudah selesai, Windows akan secara otomatis meminta untuk restart PC atau laptop kamu.
  • Terakhir klik Restart Now untuk menyelesaikan proses update Windows 10 pada PC atau laptop kamu dan selamat kamu berhasil melakukan update Windows 10 melalui Update Assistant.

4. Menggunakan Media Creation Tool

Kumpulan Cara Update Windows 10 yang Bisa Kamu Gunakan
berakal.com

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk update Windows 10 adalah dengan menggunakan Media Creation Tool (MCT). Namun sebelum memulainya kamu perlu untuk men-download dan meng-install aplikasi/software dari Media Creation Tool terlebih dahulu. Cara ini juga bisa menjadi alternatif jika kamu sedang ada kendala atau masalah pada Windows Update.

  • Pertama, pastikan PC atau laptop kamu memiliki ruang penyimpanan minimal 5 GB.
  • Kedua, buka aplikasi Media Creation Tool yang sudah di download dan di install sebelumnya.
  • Ketiga, pilih “Upgrade this PC now” lalu klik tombol “Next” untuk proses download.
  • Selanjutnya setelah proses download selesai, akan muncul halaman License Term, lalu pilih Accept untuk setuju dan Media Creation Tool akan melakukan pengecekkan apakah ada pembaruan yang tersedia atau tidak.
  • Jika terdapat pembaruan atau update, akan muncul halaman Ready to install, lalu klik tombol Install. Namun pastikan dulu sebelumnya jika opsi Keep personal files and apps di centang agar file tidak hilang ketika update selesai.
  • Terakhir, tunggu sampai proses update Windows 10 selesai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.