Cara Menggunakan Rufus untuk Membuat Bootable

Cara Menggunakan Rufus untuk Membuat Bootable

Rufus merupakan sebuah aplikasi yang di buat oleh Pate Badard yang berasal dari perisahaan Akeo Consulting yang dapat  kamu gunakan secara gratis. Rufus dapat digunakan untuk membuat bootable suatu sistem operasi seperti Linux, Ubuntu, Fedora, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows8 dan Windows 10.

Selain itu Rufus ini juga memiliki pilihan lain seperti FreeDOS yang dapat  kamu gunakan untuk melakukan booting dengan mode DOS. Salah satu kegunaan dari booting DOS ini adalah saat melakukan upgrade BIOS atau UEFI.

Aplikasi ini juga dapat berjalan dengan lancer tanpa adanya hambatan antaran ukuran dari aplikasi ini sendiri yang membuatnya dapat beroperasi dengan lancer dan cepat jika dibandingkan dengan software-software lainnya yang sejenis.

Cara Menggunakan Rufus

Jika kamu sedang mencari cara menggunakan rufus untuk membuat bootable, berikut cara menggunakan rufus untuk membuat bootable Windows.

1. Download Rufus

Cara Menggunakan Rufus untuk Membuat Bootable Windows
rufus.ie

Pada dasarnya Rufus memiliki 2 versi yang berbeda yaitu Installer dan Portable dengan memiliki ukuran file 1 MB. Tentu saja, jika  kamu ingin mendownload aplikasi ini tidak perlu memakan banyak ruang untuk penyimpanan sehingga tidak memenuhi kapasitas pada hard disk itu sendiri.

Selain itu juga  kamu bisa memilih menggunakan versi portable yang dimana tidak harus melakukan install terlebih dahulu melainkan  kamu bisa langsung menjalankannya. Dengan dukungan dalam Bahasa Indonesia juga menjadi nilai tamabah.

Sebelum masuk kedalam tahap bagai mana cara menggunakan aplikasi Rufus, terlebih dahulu  kamu download software tersebut terlebih dahulu.  kamu dapat mendownloadnya pada situs resminya.

Situs Resmi Rufus

2. Cara Menggunakan Rufus

Cara Menggunakan Rufus untuk Membuat Bootable
rufus.ie
  1. Pertama-tama yang harus  kamu lakukan adalah mencolokan flashdisk  kamu pada PC atau laptop yang  kamu gunakan.
  2. Selanjutnya,  kamu buka aplikasi Rufus baik dengan Installer ataupu portable.jika  kamu sudah membukanya berati  kamu sudah berada pada tampilan awal aplikasi tersebut. Pada tampilan awal tersebut  kamu pilih Device dan pastikan bahwa flashdisk sudah terhubung dengan PC atau laptop yang  kamu gunakan
  3. Langkah berikutnya adalah  kamu tentukan dimana fuke dengan format ISO tersebut ada. Jika  kamu sudah menentukannya langsung saja klik Open
  4. Selanjutnya adalah mengatur Boot Selection, kemudian secara otomatis aplikasi ini akan menampilkan versi informasi yang tadi  kamu load, untuk Partition scame silahkan  kamu MBR dan untuk Target System menjadi BIOS
  5. Kemudian  kamu masuk kedalam Format Option dan silahkan  kamu beri nama sesuai keinginan  kamu pada kolom Volume Lebel. Lalu  kamu atur File System ke NTFS dan selanjutnya Show Advanced format option lalu  kamu beri tanca centang pada Quick Format dan Create Extended lebeb and icon files.
  6. Langkah selanjutny adalah memulai proses bootable. Untuk memulainya  kamu langsung saja klik Start lalu akan muncul pemberitahuan dan  kamu langusng klik OK saja.
  7.  kamu tunggu hingga proses bootable yang dilakukan selesai. Untuk lama waktu yang dilakukan pada proses bootable sekitar 10-12 menit tergantun ukuran yang ada pada sister operasinya
  8. Jika proses yang dilakukan sudah selesa, maka status sudah berwarna hijau sudah terisi penuh dengan tulisan Ready dibawahnya dan prroses bootable flashdisk sudah selesai dilakukan.  kamu bisa tutup aplikasi tersebut dan flashdisk sudah siap untuk digunakan.

Cara menggunakan Rufus memang dapat dilakukan dengan mudah, untuk dapat menggunakan aplikasi ini, orang awampun juga menggunakannya. Selain itu juga dengan penggunaan rufus ini juga sangat bermanfaat ketika  kamu sendang ingin menginstal ulang PC atau laptop. aplikasi Rufus juga dapat diamnfaatkan untuk melakukan flashing memori card, upgrade BIOS dan lain-lainnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.