Kumpulan Cara untuk Kompres Video yang Bisa Kamu Gunakan

Kumpulan Cara untuk Kompres Video yang Bisa Kamu Gunakan

Jika kamu merupakan kolektor film, serial tv, animasi atau video-video lainnya, tentunya kamu memiliki banyak file video yang kamu simpan sesuai dengan kesukaan kamu. Namun jika kamu menyimpan filefile video tersebut dengan kualitas yang tinggi, tentunya file video tersebut memiliki ukuran yang terbilang besar dan cukup memakan penyimpanan kamu.

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan kompres video atau mengurangi ukuran video namun tetap menjaga kualitas dari videonya. Dengan meakukan kompres video kamu bisa lebih menghemat penyimpanan dan bisa menyimpan lebih banyak lagi video yang kamu inginkan.

Di zaman dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini terdapat beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kompres video, sehingga kamu bisa menyimpan video yang kamu inginkan dengan ukuran yang lebih ringan dan kamu dapat mengurangi ruang penyimpanan yang kamu gunakan baik itu SD Card, harddisk eksternal, ataupun flashdisk.

Cara Kompres Video

Jika kamu sedang mencari cara untuk kompres video, berikut merupakan kumpulan cara untuk kompres video yang bisa kamu gunakan.

1. Kompres Video Menggunakan Handbrake

Kumpulan Cara untuk Kompres Video yang Bisa Kamu Gunakan
nesabamedia.com

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk kompres video adalah dengan menggunakan software Handbrake. Handbrake memungkinkan kamu untuk dapat melakukan kompres video atau mengurangi ukuran video namun tidak mengurangi kualitas dari video yang di kompres. Tentunya hal ini menjadi hal yang bagus untuk kamu yang ingin melakukan kompres video tanpa mengurangi kualitas dari video yang di kompres.

Kompres video menggunakan Handbrake juga tidaklah sulit untuk digunakan, bahkan jika kamu masih baru-baru ingin mencoba melakukan kompres video. Selain itu software/aplikasi ini juga memiliki ukuran yang ringan dan memiliki dukungan untuk berbagai macam sistem operasi mulai dari Windows, Mac, atau bahkan Linux.

  • Pertama download dan install terlebih dahulu aplikasi/software Handbrake yang ingin digunakan untuk kompresi video. Kamu bisa men-download-nya disini. Link Download Handbrake
  • Jika sudah di install, buka dan jalankan aplikasi/software Handbrake di PC/laptop yang kamu gunakan untuk melakukan kompresi.
  • Selanjutnya cari file video yang ingin kamu kompres dengan menggunakan Handbrake dengan pilih dan klik Source lalu klik File. Selanjutnya kamu akan ditampilkan halaman utama beserta dengan dekripsi video yang akan kamu kompres.
  • Pada halaman ini, tentukan terlebih dahulu destinasi folder untuk video hasil kompres dengan cara klik “Browse” pada bagian “Destination”.
  • Kemudian, di bawah bagian “Destination” terdapat pilihan “Output Settings” yang mana merupakan bagian terpenting untuk kamu melakukan konfigurasi sebelum kompres video. Jika file video kamu memiliki format MKV, kamu bisa sekalian mengubahnya menjadi MP4 ataupun sebaliknya.
  • Di pilihan “Output Settings” terdapat beberapa tab, pilih dan klik tab “Video”, lalu akan muncul halaman di mana kamu akan melakukan konfigurasi.
  • Pada halaman ini, konfigurasi sebelum kompres penting untuk dilakukan kamu bisa mengubah video codec (h.264 (x264)) mengatur kualitas video yang akan di kompres, optimisasi video, mengatur bitrate dan yang lainnya.
  • Setelah selesai melakukan konfigurasi dan sudah yakin dengan semua konfigurasi yang kamu tentukan, maka kamu bisa memulai proses kompres dengan pilih dan klik “Start” yang berada di samping “ Resource”.
  • Terakhir tunggu hingga proses kompresi selesai dan kamu bisa langsung memeriksa video hasil kompresi kamu di folder destinasi yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

2. Menggunakan Aplikasi YouCut (Android)

Kumpulan Cara untuk Kompres Video yang Bisa Kamu Gunakan
play.google.com

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kompres video adalah dengan menggunakan aplikasi YouCut. YouCut sendiri merupakan aplikasi android yang memungkinkan kamuuntuk dapat mengedit, memotong, atau melakukan kompres pada video. Dengan menggunakan YouCut tentunya kamu tidak perlu menggunakan PC/laptop untuk melakukan kompresi video dan cukup dengan smartphone android yang kamu miliki.

YouCut sendiri adalah aplikasi yang bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis di Google Play Store. Meskipun aplikasi ini gratis, namun kualitas yang di hasilkan juga terbilang cukup bagus. Selain itu cara melakukan kompres video menggunakan YouCut juga tidaklah sulit.

  • Download dan install terlebih dahulu aplikasi YouCut dari Google Play Store. Atau kamu bisa klik link download ini. Download YouCut.
  • Jika sudah di install, buka aplikasi YouCut lalu pilih dan tap ikon “Plus” lalu cari video yang ingin kamu kompres menggunakan YouCut, kemudian tap tanda centang.
  • Pada tampilan ini terdapat beberapa fitur yang memungkinkan kamu untuk meng-edit video sebelum memulai untuk kompres.
  • Jika dirasa sudah selesai, pilih dan tap “Simpan” yang ada di bagian atas dan akan muncul pop up yang memungkinkan kamu untuk memiliih ukuran dan kualitas video.
  • Jika sudah, pilih tap “Kompres”.
  • Terakhir, tunggu hingga proses kompres video selesai.

3. Menggunakan Aplikasi VidCompact

Kumpulan Cara untuk Kompres Video yang Bisa Kamu Gunakan
play.google.com

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan juga untuk melakukan kompres video adalah dengan menggunakan aplikasi VidCompact. VidCompact merupakan aplikasi Android yang memungkinkan kamu untuk dapat conversi video atau kompres video. Dengan menggunakan aplikasi VidCompact kamu dapat melakukan kompres video di ponsel Android yang kamu miliki.

Selain itu kamu juga tidak perlu menggunakan PC/laptop untuk melakukan kompres video. Terlebih kompres video menggunakan VidCompact juga tidaklah sulit, bahkan jika kamu baru pertama kali ingin melakukannya, kamu bisa langsung melakukannya.

  • Pertama, download dan install dulu aplikasi VidCompact melalui Google Play Store, atau kamu bisa klik link ini. Download VidCompact
  • Jika sudah selesai di download, buka aplikasi VidCompact dan pilih “Trim & Compress”.
  • Kemudian pilih file video yang ingin di kompres dan atur resolusi video untuk hasil kompres yang diinginkan, lalu pilih dan tap ikon yang ada di pojok kanan atas layar smartphone kamu.
  • Jika sudah, akan muncul beberapa pilihan, pilih dan tap “Save to Gallery” untuk menyimpannya langsung ke galeri ponsel kamu. Kamu juga bisa membagikannya ke sosial media yang kamu miliki.
  • Terakhir, jika sudah selesai, akan muncul tampilan yang berisi informasi ukuran video asli dan video yang sudah di kompres.

4. Menggunakan Situs Web Videosmaller.com

Kumpulan Cara untuk Kompres Video yang Bisa Kamu Gunakan
videosmaller.com

Cara lainnya lagi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kompres video adalah dengan menggunakan situs web videosmaller.com. videosmaller.com Sendiri merupakan situs web yang memungkinkan kamu untuk dapat melakukan kompres video atau mengurangi ukuran video yang kamu miliki.

Cara melalui situs web ini bisa kamu gunakan melalui smartphone atau melalui perangkat desktop seperti PC/laptop yang kamu miliki. Selain itu cara kompres video menggunakan situs web ini juga tidaklah sulit, dan kamu tidak perli menginstall aplikasi pihak ketiga untuk melakukan kompres video.

  • Pertama kunjungi situs web videosmaller.com melalui browser kamu baik itu smartphone atau PC/laptop.
  • Pada halaman awal situs web, pilih dan klik “Browse” untuk memilih file video yang ingin di kompres.
  • Jika sudah, akan ada beberapa opsi yang bisa di atur sebelum kamu mengunggah video yang ingin kamu kompres di situs web ini.
  • Terakhir, tunggu proses upload dan kompres selesai, lalu selanjutnya klik “Download” untuk mengunduh file video yang sudah di kompres di situs web ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.