Dua Cara untuk Burning CD yang Bisa Kamu Gunakan di PC/Laptop

Dua Cara untuk Burning CD yang Bisa Kamu Gunakan di PC/Laptop
pixabay.com

CD adalah singkatan dari Compact Disk yang merupakan media penyimpanan yang cukup banyak digunakan pada masanya. Seain itu juga ada media penyimpanan yang tidak jauh bebeda dengan CD yaitu DVD. Namun penggunaan atau eksistensi dari media penyimpanan ini sudah mulai tersingkirkan dengan adanya media-media penyimpanan yang lebih mudah dan nyaman untuk digunakan seperti Flashdisk dan Hard Disk.

Tapi dengan hadirnya media-media penyimpanan baru seperti Flashdisk dan Hard Disk tidak membuat penggunaan CD atau DVD benar-benar hilang. Masih cukup banyak orang memilih menggunakan CD atau DVD sebagai media penyimpanan mereka. Dengan biaya yang murah dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar membuat masih banyak orang memilih menggunakan CD atau DVD sebagai media penyimpanan mereka.

Tidak hanya itu saja penggunaan CD atau DVD juga memiliki umur yang cukup panjang jika penggunanya memberikan tempat penyimpanan yang baik dan melakukan perawatan pada CD atau DVD tersebut. Untuk melakukan penyimpanan pada CD atau DVD membutuhkan beberapa proses terlebih dahulu tidak seperti media penyimpanan lainnya seperti Flashdisk dan Hard Disk lakukan.

Proses yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk melakukan penyimpanan pada CD atau DVD dinamakan Burning. Burning adalah sebuah proses yang dilakukan oleh pengguna sebelum memindahkan file yang ingin dipindahkan kedalam CD atau DVD. bagaimana cara melakukan burning pada CD atau DVD, kamu dapat mengetahuinya dibawah sini.

Cara Burning CD

Jika kamu sedang mencari cara untuk melakukan burning CD, berikut merupakan dua cara untuk burning CD yang bisa kamu gunakan di PC/laptop.

1. Cara Burning CD atau DVD Tanpa Menggunakan Software Apapun

Dua Cara untuk Burning CD yang Bisa Kamu Gunakan di PC/Laptop
it-jurnal.com

Jika seseorang ingin menyimpan file pada CD atau DVD mereka harus melakukan burning file tersebut kedalam CD atau DVD. Untuk melakukan burning biasanya membutuhkan pihak ketiga atau bantuan dari software seperti Nero dll, untuk melakukan burning.

Tapi sebenarnya kamu juga dapat melakukan burning tanpa menggunakan pihak ketiga atau bantuan dari software lainnya. Karna terdapat fitur pada sistem operasi Windows untuk melakukan burning. Untuk melakukan burning tanpa menggunakan software hanya bisa dilakukan pada file dengan format MP3, video, dll.

Berikut adalah cara untuk melakukan burning tanpa menggunakan software:

  1. Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan sebuah CD atau DVD yang masih kosong yang nantinya akan dijadikan tempat penyimpanan
  2. Selanjutnya, kamu masukan CD yang kamu miliki kedalam CD-ROM yang terdapat pada CPU atau Laptop yang kamu gunakan
  3. Kemudian kamu cari file mana yang ingin kamu burn dan kamu masukan kedalam CD tersebut. lalu jika kamu sudah menemukan file yang kamu inginkan, kamu klik kanan lalu pilih Send to dan pilih DVD RW Drive
  4. Kemudian akan muncul tampilan pilihan Burn a Disc, disini kamu pilih With a CD/DVD player, jika sudah langsung saja klik Next
  5. jika sudah, yang harus kamu lakukan adalah kamu mengcopy file yang sudah dipindahkan  kedalam CD
  6. langkah berikutnya adalah kamu pilih menu Manage yang ada di bagian atas dan kemudian kamu pilih Finish burning yang ada di bawanya
  7. selanjutnya akan muncul tampilan pada layar kamu, dan pada kolom Disc tittle kamu bebas memberikan nama apapun pada CD kamu.
  8. Jika kamu sudah menentukan nama pada CD kamu, kamu langusng saja klik Next dan tunggu beberapa saat hingg proses burning telah selesai dilakukan
  9. Jika proses burning sudah selesai, file yang tadi kamu pilih sudah ada didalam CD dan kamu langsung dapat menggukan CD/DVD kamu.

2. Cara Untuk Melakukan Burning Dengan Menggunakan Software

Dua Cara untuk Burning CD yang Bisa Kamu Gunakan di PC/Laptop
helpwiki.evergreen.edu

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk melakukan burning ini dengan menggunakan pihak ketiga atau dengan menggunakan software untuk melakukan burning. Banyak software yang bisa kamu gunakan untuk melakukan burning pada CD kamu.

Tapi pada cara yang kedua ini akan menggunakan Software seperti Nero. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan burning dengan menggunakan software:

  1. Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa software Nero smart sudah kalia miliki. Jika kamu belum memliki software tersebut kamu dapat mendownload dan install terlebih dahulu Nero smart pada PC atau Laptop yang kamu gunakan.
  2. Jika kamu sudah download dan install Nro smart pada PC atau laptop kamu. Selanjutnya kamu masukan CD/DVD kosong yang akan kamu gunakan sebagai media penyimpanan
  3. Jika kamu sudah memasukan CD/DVD kamu kedalam PC atau Laptop. langkah berikutnya kamu buka Software Nero smart tersebut.
  4. jika sudah berada pada tampilan Nero smart, langusng saja kamu pilih media yang kamu gunakan CD atau DVD pada bagian tengah atas. Perlu kamu perhatikan pada saat pemilihan media yang kamu gunakan, kamu tidak boleh salah memilih agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  5. Selanjutnya kamu pilih Data pada tampilan menu pilihan, lalu kamu pilih Make Data CD jika kamu menggunakan CD dan Make Data DVD jika kamu menggunakan DVD
  6. Kamudian akan muncul tampilan Nero Express. Pada tahap ini kamu pilih Add yang ada di bagian sebelah kanan tampilan. Lalu kamu tentukan file mana yang ingin kamu masukan kedalam CD/DVD
  7. Jika kamu sudah menentukan fie mana yang ingin kamu pindahkan kedalam CD, langsung saja kamu klik Next untuk melanjutkan.
  8. Berikutnya akan muncul tampilan yang dimana kamu dapat menentukan nama pada perangkat CD yang kamu gunakan. Kamu dapat memberi nama apa saja sesuai keinginan kamu pada CD yang kamu gunakan.
  9. Jika kamu sudah menentukan nama untuk CD kamu. Langkah selanjutnya adalah Kamu tinggal klik Burn untuk memulai proses burning pada CD kamu.
  10. Pada tahap ini kamu harus menunggu hingga proses burning yang dilakukan selesai. Untuk mengetahui porses burning yang kamu lakukan sudah selesai, akan muncul tampilan pemberitahuan dari software Nero smart bahwa proses burning yang kamu lakukan sudah selesai dan kemudian secara bersamaan dengan munculnya tampilan pada layar, CD yang ada di dalam CPU atau Laptop kamu akan keluar secara otomatis.
  11. Jika pemberitahuan dan CD sudah keluar dari CPU atau Laptop kamu, berarti CD kamu sudah berisi data-data yang tadi kamu pilih untuk dimasukan kedalam CD dan CD tersebut sudah bisa kamu gunakan.

Itulah 2 cara untuk melakukan Burning CD atau DVD pada PC atau Laptop yang kamu gunakan. Dengan cara-cara yang sudah dijabarkan diatas kamu dapat memasukan file dengan berbagai macam format CD atau DVD dan kamu dapat memutarnya di DVD Player yang kamu punya. Dari cara-cara diatas kamu pilih mana cara yang paling kamu butuhkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.